Cara Ampuh Memperbaiki Persepsi Diri yang Negatif pada Wanita


4 cara memperbaiki persepsi diri yang negatif pada wanita

.

Memperbaiki persepsi diri yang negatif pada wanita

       Penampilan dan bentuk tubuh kerap kali menjadikan seseorang menjadi tidak percaya diri dan berakhir mempersepsikan diri mereka ke arah yang negatif. Hal tersebut seringkali dialami oleh wanita. Karena wanita lebih peduli terhadap penampilan jika dibandingkan dengan pria. Persepsi diri yang negatif dapat menghambat sesuatu yang seharusnya dilakukan, namun hanya karena pikiran negatif terhadap diri sendiri hal tersebut tidak jadi dilakukan. Sungguh sangat disayangkan apabila itu berujung menjadi sebuah penyesalan, bukan?

       Nah, buat kamu yang tidak mau menyesal dengan persepsi negatif yang kamu punya, berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk memperbaiki persepsi diri yang negatif:

  • Realistis terhadap keberartian penampilan.

         Apa sih artinya penampilan bagi dirimu dan orang lain? Apakah sangat berarti? Bagi kamu yang pernah menerima celaan dari orang lain terhadap penampilan luarmu, beruntunglah kamu. Kenapa beruntung? Karena dengan celaan itu kamu bisa memperbaiki penampilanmu. Orang hanya melihat dirimu dari luar apabila mereka tidak kenal dekat dengamu. Namun pernahkah orang di sekitarmu yang sudah mengenal baik dirimu mempermasalahkan tentang penampilanmu?

     Mari berfikir realistis saja, artis terkenal tidak semuanya memiliki bentuk tubuh dan penampilan yang menarik bukan? Namun kemampuan yang mereka tunjukkan yang membuat mereka diterima oleh masyarakat luas. Lantas masihkah kamu berfikir penampilanmu buruk dan menjadi tidak percaya diri?  

  • Tanyakan kepada diri anda sendiri seberapa penting berat badan anda bagi orang lain.

       Permasalahan yang kedua yaitu berat badan. Wanita seringkali merasa dirinya kelebihan berat badan atau mengira bahwa dirinya gendut. Padahal orang lain menilainya tidak seperti itu. persepsi negatif tentang tubuh yang gendut berpotensi menyebabkan seseorang megalami gangguan psikologis anoreksia nervosa. Anoreksia dapat terlihat dari citra tubuh yang menyimpang, dengan ketakutan yang tidak beralasan terhadap kelebihan berat badan.

     Dan satu hal yang harus kamu ingat bahwa orang tidak memperhatikan berapa kilo berat badanmu naik atau turun. Karena sungguh hal itu tidak penting bagi orang tersebut. Berat badan itu cuma angka, memangnya kamu mau terus menerus terbebani hanya karena berat badanmu naik atau bahkan turun? Masih banyak hal yang harus kamu pikirkan selain berat badan.

  • Yakinlah bahwa pria tidak sedemikian memperhatikan setiap detail penampilan wanita.

       Wanita seringkali mengira bahwa semua lelaki menginginkan wanita yang cantik, tinggi, seksi, dan mulus. Namun, sadarkah kamu bahwa pria tidak sedemikian memperhatikan detail penampilan kamu. Pasti kamu pernah mendengar pepatah bahwa “Cinta itu buta”. Kalau kamu masih percaya dengan pepatah tersebut, berarti kamu tidak perlu takut tidak akan mendapatkan pasangan dengan bentuk tubuh yang kamu miliki sekarang.

     Pria bahkan tidak menyadari 97% usaha wanita untuk mempercantik diri. Misalnya wanita melakukan perawatan terhadap kukunya, seorang pria tidak akan membicarakan perihal keindahan kuku seorang wanita kepada teman pria lainnya kecuali wanita tersebut memperlihatkan kukunya. Sejauh pria yakin bahwa penampilan hanyalah karakteristik yang berarti untuk dilihat dari seorang wanita. 

  • Memilih kelompok yang sesuai untuk perbandingan sosial.

     Sehat atau tidaknya lingkungan kamu, kamu sendirilah yang menentukan. Contoh kecil, misalnya kamu adalah orang yang tidak terlalu suka memakai pakaian yang glamor, maka carilah kelompok yang memiliki kesamaan penampilan sepertimu. Karena dengan kesamaan yang kamu dan kelompokmu miliki, maka akan merubah mindset negatifmu menjadi pemikiran bahwa ada orang lain yang sama sepertimu. Hal itu menunjukkan bahwa penampilanmu itu baik-baik saja di mata orang lain.

     Jangan membandingkan dirimu dengan sesuatu yang mustahil atau yang jauh di atasmu. Ketika kamu melihat model di cover majalah yang sangat cantik dan kamu sedih karena penampilanmu tidak seperti mereka. Sesungguhnya saat itu kamu sedang membuat standar yang tidak masuk akal dari penampilan mereka terhadap penampilanmu sendiri. daripada membandingkan dirimu dengan model, bintang film, atau figur olahragawan, lihat di sekitarmu untuk perbandingan yang lebih realistis. Kalau tidak, kamu hanya akan menghabiskan waktumu dengan kesedihan dan mengeluh karena tidak mampu mencapai sebuah tujuan yang tidak mungkin.

      Jadi itu tadi adalah beberapa hal yang wajib kamu tahu untuk memperbaiki mindset negatif tentang penampilan maupun bentuk fisik. So, berpikir positiflah! Karena apa yang kamu pikirkan itu bisa menjadi kenyataan.

 

Sumber : Baron, Robert A., Byrne, Donn. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga

333 Dilihat