Tips makan Gorengan yang aman


makan gorengan itu bahaya , banyak zat yang tidak baik bagi tubuh namun jangan khawatir ada kok tips amannya

.

 

Makanan yang digoreng, seperti pisang goreng, tahu goreng, bakwan goreng, dan masih banyak lagi, memang selalu menggiurkan. Rasanya yang gurih, enak, dan renyah di mulut membuat gorengan disukai banyak orang dan selalu bikin ketagihan. Namun, mungkin kamu juga sudah tahu bahwa terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, buat kamu yang suka gorengan, perhatikan dulu tips berikut biar tetap sehat.. Namun, ternyata ada kiat aman agar Anda tetap bisa menikmati gorengan, sekaligus terhindar dari radang tenggorokan. Berikut adalah kiat-kiatnya:

  1. Membuat gorengan sendiri di rumah

Bila Anda sangat menggemari gorengan, jajan di luar akan sangat menggiurkan. Tapi, membuat makanan yang digoreng tidaklah sulit, jadi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Dengan membuat gorengan sendiri di rumah, Anda dapat memastikan bahwa minyak yang digunakan adalah minyak sekali pakai dan berkualitas. Hal ini tentu akan menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit akibat gorengan, salah satunya radang tenggorokan.

  1. Menggunakan minyak berkualitas

Demi menjaga kesehatan Anda, minyak yang digunakan untuk menggoreng haruslah berkualitas. Minyak yang telah berkali-kali dipakai untuk menggoreng, selain mengandung lemak jahat, dapat dengan cepat menyebabkan radang tenggorokan.

Baiknya Anda tidak membeli gorengan di luar atau membuatnya sendiri di rumah, pastikan menggunakan minyak yang berkualitas seperti minyak kanola, minyak zaitun, dan minyak wijen.

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak terbaik yang bisa digunakan untuk menggoreng makanan. Dibandingkan jenis minyak lain seperti corn oil, sunflower oil, atau soybean oil, minyak zaitun lebih stabil di suhu tinggi. Artinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun lebih lama dibandingkan minyak lain. Bahkan, bisa turut menjaga kualitas dan nutrisi makanan tersebut.

Minyak zaitun yang paling direkomendasikan adalah Virgin atau Extra Virgin. Pastikan juga, minyak yang akan digunakan benar-benar sudah dalam kondisi panas saat digunakan untuk menggoreng agar penyerapan minyak pada makanan tidak berlebih.

  1. Buat adonan tepung yang lebih sehat

Bila Anda sering menggunakan tepung serbaguna dalam menggoreng makanan, sebaiknya jangan lagi memakainya. Tepung jenis ini memang banyak digunakan karena bisa lengket di makanan dengan sempurna. Hanya saja ada kandungan gluten di dalamnya, sehingga bisa menyerap banyak minyak. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat adonan tepung dari tepung beras atau tepung jagung.

  1. Tambahkan sayuran

Walaupun diolah dengan cara digoreng, Anda tetap bisa menambahkan banyak sayuran ke dalamnya. Anda pun tidak akan terlalu merasa bersalah saat memakannya.

Contoh gorengan yang bisa Anda tambahkan dengan beragam sayuran adalah tahu isi dan bakwan. Sayuran-sayuran yang bisa digunakan adalah wortel, kecambah, kol, daun bawang, seledri, dan lainnya.

  1. Gunakan temperatur yang pas

Temperatur minyak yang pas saat menggoreng makanan bisa membuat gorenganmu jadi lebih sehat. Minyak yang kurang panas bisa menyebabkan makanan menyerap lebih banyak minyak.

Sedangkan minyak yang terlalu panas, justru bisa membuat gorengan cepat hangus dan justru memicu timbulnya zat karsinogen pencetus kanker dan radang tenggorokan.

  1. Batasi jumlah konsumsi gorengan

Walau Anda sangat menyukai gorengan, ketahuilah bahwa gorengan mengandung kolesterol, lemak, dan tinggi kalori. Jadi, bila Anda terlalu banyak dan sering mengkonsumsinya, selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol tinggi, risiko radang tenggorokan dapat menimpa Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda bisa mengonsumsi gorengan dengan aman. Namun pada dasarnya, akan tetap lebih baik jika Anda mampu menahan diri dan mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang terbatas.

Sumber :

hallodoc

fajar.co.id

108 Dilihat