Diri Sendiri atau Orang Lain?


Membahagiakan orang lain memang perlu. Namun, apakah kamu menyadari saat melakukannya membuatmu benar-benar bahagia atau justru kamu malah terluka?

.

Seringkali kita mengutamakan bahwa kebahagiaan orang lain terkhususnya orang-orang di sekeliling kita lebih penting daripada diri kita sendiri. Bahkan terkadang kita sendiri pun cenderung tak peduli bahwa diri kita ini bahagia atau justru terluka?

 

Setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita, cenderung lebih memikirkan bagaimana perasaan orang lain yang berada di sekitar kita. Akhirnya kita lupa sampai mengesampingkan perasaan kita yang sebenarnya. Kita yang lebih mementingkan perasaan orang lain, terkadang memakai topeng saat bertemu dengan banyak orang. Sampai akhirnya, kita kehilangan diri kita yang sebenarnya. Dimana kita akan menjadi sosok lain saat bertemu orang-orang. Menjadi sosok yang diinginkan oleh orang-orang kita temui.

 

Cukup! Jangan membuat diri kalian menjadi seperti itu terlalu lama. Jika itu terus menerus terjadi maka kalian akan kehilangan diri kalian sendiri. Kalian akan menjadi orang asing. Keluar dari diri kalian yang sebenarnya. Hingga akhirnya, kalian pun akan sulit mengenali dan memahami diri kalian sendiri. 

 

Ini bukan soal kepentingan diri sendiri. Namun, kalian setidaknya tahu akan batasan-batasan yang ada pada diri kalian masing-masing. Ini bukan soal egois. Melainkan ini adalah suatu hal agar kalian mampu mengenal dan memahami diri kalian masing-masing. Melatih ego positif dalam diri kalian sangat diperlukan untuk hal ini. Ego positif merupakan suatu bentuk tindakan atau perilaku dimana hal ini bertujuan agar seseorang mampu mengenali, memahami, dan sadar akan dirinya sendiri. Cintai dulu diri sendiri, baru orang lain. Bahagiakan diri sendiri terlebih dahulu, baru orang lain. Ini juga bukan egois, melainkan kenyamanan yang seharusnya ada pada diri kita untuk berbuat baik kepada orang lain.

 

Membuat orang lain bahagia memang perlu. Itu adalah sebuah kebaikan yang tulus ada pada setiap orang-orang baik. Untuk menjadi orang baik pun, mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu. Jika kita baik dengan diri sendiri, baik terhadap orang lain akan merasa lebih nyaman dan tenang. Memang terkadang ada beberapa dari segelintiran orang yang selalu berpikir bahwa persepsi orang terhadap kalian membuat pikiran dan perasaan menjadi tertekan. Sehingga membuat kalian selalu memasang topeng saat bertemu dengan orang tersebut. Tanpa kalian sadari, sebenarnya kalian terluka karena hal itu. Jadilah diri sendiri. Jika kalian tidak bisa mencintai diri sendiri lalu bagaimana kalian bisa mencintai orang lain?

 

Sumber : Pengalaman Pribadi,

Internet